Jumat, 01 September 2017

LOGIKA ALGORITMA


Kemarin abis main ke salah satu toko buku, terus baca-baca buku tentang pemprograman C++ karena lagi belajar bahasa pemprogram C++. Nah disitu saya membaca sebelum kita memulai membuat program kita harus tau terlebih dahulu yang nama logika dan algoritma. dari apa yang saya baca maka saya akan tuliskan diblog ini.

A. Pengertian Logika
kata logika, yaitu kemampuan seorang manusia untuk berfikir dengan akal tentang suatu permasalahan menghasilkan sebuah kebenaran, dibuktikan dan dapat diterima akal, logika seringkali dihubungkan dengan kecerdasan, seseorang yang mampu berlogika dengan baik sering orang menyebutnya sebagai pribadi yang cerdas. Dalam menyelesaikan suatu masalahpun logika mutlak diperlukan. 

B. Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Sedang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Contoh penggunaan logika dan algoritma adalah  membuat algoritma untuk menghitung luas lingkaran, caranya: 
1.  Menentukan nilai jari-jari (r) lingkaran. 
2.  Menentukan nilai phi. 
3.  Menghitung luas lingkaran dengan cara mengkalikan nilai jari-jari (r) dengan (r) lalu dikalikan dengan nilai phi. 
4.  Maka luas lingkaran ditemukan. 
5.  Selesai. 

C. Sedang sifat algoritma adalah: 
1.  Tidak menggunakan simbol atau sintaks dari suatu bahasa pemrograman tertentu. 
2.  Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman tertentu. 
3.  Notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun. 
4.  Algoritma dapat digunakan untuk merepresentasikan suatu urutan kejadian secara logis  dan dapat diterapkan di semua kejadian sehari-hari 

D. Penulisan Algoritma :
1. Flowchart (diagram alur)
Algoritma bertipe Flow Chart adalah algoritma yang ditulis dalam bentuk simbol-simbol dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. aplikasi yang digunakan dapat menggunakan Microsoft Visio,Diagram desainer, dan lain-lain. 
contoh flowchart menghitung luas segitiga:

2. Deskriptif 
Algoritma bertipe Deskriptif maksudnya adalah algoritma yang ditulis dengan bahasa manusia sehari-hari (misalnya Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris). Setiap Langkahnya ditulis dalam satu kalimat atau lebih. Tidak ada aturan untuk penulisan algoritma bertipe Deskriptif ini. Semua kalimat ditulis dengan sistematis, jelas, terbatas dan berurutan.
Contoh desktriptif menghitung luas segitiga :
  • Masukan nilai Alas
  • Masukan nilai Tinggi
  • Proses Luas = (Alas*Tinggi)/2
  • Hasil Luas segitigas

3. Pseudocode
Pseudocode adalah penulisan algoritma menggunakan bahasa pemograman. Jadi pseudocode digunakan untuk menganmbarkan logika urut-urutan dari perogram tanpa memandang bagaimana bahasa pemorogramannya.


Sekian artikel saya kali ini semoga apa yang saya baca lalu saya tuliskan kembali diblog ini menjadi bermanfaat untuk pembaca blog ini.

Related Posts

LOGIKA ALGORITMA
4/ 5
Oleh