Jumat, 20 Oktober 2017

Pengertian dan Fungsi PHP


Apa sih PHP itu? PHP gunanya buat apa sih? Oke disini kita akan membahas tentang pertanyaan pertanyaan tersebut.

Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang biasa digunakan dalam pemprograman web. PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di php.net. Php disebut bahasa pemrograman server-side karena PHP diproses pada komputer server.

Pada awalnya PHP singkatan dari Personal Home Page, dan hanya digunakan untuk membuat website pribadi. Tetapi dalam perkembangannya PHP menjadi sebuah bahasa pemprograman besar yang tidak hanya digunakan untuk membuat website pribadi yang sederhana, tetapi juga digunakan untuk membuat website populer serperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.

Fungsi PHP

PHP berfungsi untuk membuat tampilan website secara dinamis. Apa sih maksud website dinamis? Maksudnya adalah content atau isi website dapat berubah-ubah sesuai keadaan tertentu. Selain itu website dinamis juga dapat menyimpan data kedalam database dan merubah halama website sesuai dengan input dari user. Prinsip seperti ini juga digunakan oleh website ternama serperti wordpress dan blogger. 

Untuk pembuatan web, kode PHP biasanya di sisipkan kedalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemrograman script.

Sebagai contoh salah satu fungsi PHP, misal kita membuat list 1-5 dengan HTML murni kita bisa membuat secara manual seperti ini :






Kita bisa saja men-copy-paste tag <li> sebanyak 5 kali, tapi bagaimana jika data ada 100 atau bahkan 1000 atau lebih? Tentu jika kita menggunakan cara tersebut akan sangat melelahkan. Tapi berbeda dengan PHP kita hanya perlu me-looping data sebanyak yang kita ingin kan seperti ini :



Jadi dengan PHP kita juga bisa membuat code menjadi lebih singkat seperti cotoh di atas.

Oke kayaknya segitu dulu aja buat kali ini, selanjutnya saya akan membahas cara menjalankan script PHP di komputer atau laptop pribadi. 

See You 👋👋👋

Related Posts

Pengertian dan Fungsi PHP
4/ 5
Oleh