Hot!

Wireless




Pada dasarnya, wireless berarti ‘tanpa kabel’ atau juga ‘nirkabel’, sehingga perangkat elektronik apa saja yang terhubung satu sama lain tanpa menggunakan kabel dapat disebut dengan wireless
Wireless didefinisikan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Untuk jaringan internet pada komputer, wireless secara spesifik diistilahkan sebagai wireless LAN (WLAN).
Pada WLAN, transmisi radio berfungsi selayaknya ‘kabel’, sementara Access Point berfungsi sebagaimana HUB pada jaringan konvensional.

Sejarah wireless

Sejarah Wireless ini berawal saat prototype telegraf radio pertama di dunia diciptakan. Dan pada tahun 1895, salah seorang siswa yang bernama Guglielmo Marconi ini berminat mengenai teori gelombang radio yang sedang dipelajari di kelasnya.

Dikarenakan minat yang tinggi pada ilmu radio, Marconi ini didorong untuk berinisiatif menciptakan prototype telegraf radio pertama di dunia. Pada 13 Mei 1997, Marconi ini sukses memancarkan sinyal telegrafi pertama dengan pesan “Apakah Anda Bersedia?” yang melewati Selat Inggris yang dimana Marconi baru berumur 22 tahun. Keberhasilan ini menjadi sejarah jaringan wireless yang titik awal revolusi teknologi telekomunikasi tanpa kabel atau Wireless.

Dan Wireless ini pun semakin hari semakin berkembang, seperti teknologi wireless 1G yang bergerak pada 2G. Dan di tahun 2001-2003 jaringan wireless ini berkembang lagi menjadi wireless 3G.

an saat ini telah ada revolusi teknologi wireless dari 3G menjadi 4G. 4G ini ialah singkatan dari Bahasa Inggris yang berarti Fourth-Generation Technology atau juga dalam Bahasa Indonesia yang berarti Teknologi Generasi Ke Empat. Teknologi 4G ini ialah teknologi wireless yang tergolong baru dan mungkin tercepat dari generasi generasi yang sebelumnya.




Nama : Arif Setiawan
Kelas : XI TKJ 2
Mapel : Rancang Bangun Jaringan

0 komentar:

Posting Komentar